Mengenal Cloud Computing

Tulisan saya sebelumnya, seringkali berbicara tentang cloud computing. Apa itu cloud computing ? Saya coba jelaskan dengan gambar diatas.

Dari gambar diatas diperlihatkan perbedaaan penggunaan sistem komputer konvensional dan cloud computing (komputasi awan).

Untuk komputer konvesional yang biasanya kita gunakan, kita harus membeli dari mulai hardware dan software, yang otomatis itu menjadi hak milik kita. Setelah tersedia hadware dan software, kita tidak bisa langsung menggunakannya, tapi harus dilakukan instal hardware dan software, mensetting konfigurasi, cek hasil intalasi dan apabila sudah dilakukan install, kita akhirnya bisa menggunakannhya. Untuk semua proses itu kita harus mengeluarkan uang yang relatif banyak. Semuanya ditanggung oleh user.

Sedangkan untuk dapat menggunakan fasilitas cloud computing, kita hanya cukup subscribe (mendaftar), dan langsung bisa menggunakan, dan kita hanya membayar sesuai dengan yang kita pakai (pay for what you use). Itu sama halnya seperti kita berlangganan PLN, kita tidak harus memiliki instalasi listrik sendiri, tapi cukup berlangganan dan membayar sesuai pemakaian. User dibebaskan dari pemeliharaan rutin, penyediaan hardware dan aktifitas rutin teknologi IT di sebuah perusahaan. User bisa mempercayakan perawatan, pemeliharaan, keamanan kepada provider Komputasi Awan.

Menurut definisi dari National Institute of Standards and Technology (NIST), cloud computing adalah model yang memungkinkan penggunaan bersama suatu resource (network, server, storage, aplikasi, layanan, dan sebagainya) secara mudah, dapat dilakukan dimana saja, dan on demand. Layanannya secara cepat disediakan dan dilepas dengan meminimalisir usaha untuk manajemennya maupun interaksi dengan penyedia layanan.

 

Bagaimana, apakah sudah mulai terbayang, apa itu cloud computing , kalau masih belum, nantikan posting berikutnya.

sumber :
Rajkumar buyya (2011). Cloud Computing Principle and Paradigms.
NIST (2011). The Nist Definition of Cloud Computing (Draft).
NIST (2009). Effectively and Securely Using The Cloud Computing Paradigm.

2 Responses to Mengenal Cloud Computing

  1. Pingback: Daftar Isi Paper « Jaringan Informasi

  2. Pingback: Latar Belakang « Jaringan Informasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: